Monday, February 26, 2018

FIQH: Hukum Berkorban Untuk Orang Tua Yang Meninggal

Berkurbanlah

Deskripsi masalah:


Problematika yang terjadi di tengah masyarakat berkaitan dengan ibadah Mal seperti qurban agaknya perlu jawaban hukum Figh yang kemudian di sosialisasikan ke masyarakat. Mari kita memperhatikan  masalah Qurban, sebagaimana dalam masalah haji sering kita jumpai masyarakat melaksanakan qurban untuk keluarga mereka yang sudah meninggal dunia.  Bahkan terkadang hal tersebut dilaksanakan tanpa adanya sebuah pesan wasiat. Entah dengan dasar bagaimana, yang jelas mereka percaya qurban yang dilakukan dapat menggantikan kewajiban maupun kesunatan yang belum tertunaikan atau minimal membuahkan pahala bagi keluarga yang meninggal. 


Pertanyaan:


Bagaimana hukum syariat menyikapi pelaksanaan qurban yang ditujukan untuk mereka yang sudah meninggal sebagaimana di atas.

Jawaban:


Apabila didahului oleh wasiat maka boleh dan sah, namun jika tanpa wasiat maka terjadi khilaf diantara para ulama:
- Menurut Hanafiyah dan Hambaliyah boleh
- Menurut Malikiyah boleh tapi makruh
- Menurut Syafi’iyyah, khilaf :
v Imam al-Baghawi, al-Rofi’i, dan Shohib al-‘Uddah yang juga menjadi Qaul Ashoh hukumnya tidak sah dan tidak boleh dilaksanakan (لايجوز)
v Menurut Abi Qasim Al-‘Ubadi hukumnya sah menjadi qurbannya mayit dan bermanfaat bagi mayit.
v Sedangkan status daging qurban seandainya tidak sah bagi mayit maupun al-Mudlohi adalah sebagai daging shodaqoh / لحم قدمه على أهله
v Dan apabila sebelumnya didahului nadzar baik muayyan maupun tidak belum terbahas
Referensinya
المجموع ج: 8 ص: 299
 فرع لو ضحى عن غيره بغير إذنه لم يقع عنه وأما التضحية عن الميت فقد أطلق أبو الحسن العبادي جوازها، لأنها ضرب من الصدقة، والصدقة تصح عن الميت وتنفعه وتصل إليه بالإجماع وقال صاحب «العدة» والبغوي لا تصح التضحية عن الميت إلا أن يوصي بها، وبه قطع الرافعي في «المجرد» والله تعالى أعلم قال أصحابنا وإذا ضحى عن غيره بغير إذنه، فإن كانت الشاة معينة بالنذر وقعت عن المضحي وإلا فلا، كذا قاله صاحب «العدة» وآخرون، وأطلق الشيخ إبراهيم المروروذي أنها تقع المضحي، قال هو وصاحب «العدة» وآخرون ولو ذبح عن نفسه واشترط غيره في ثوابها جاز، قالوا وعليه يحمل الحديث المشهور عن عائشة أن النبي  صلى الله عليه وسلم ذبح كبشاً وقال بسم الله اللهم تقبل من محمد وآل محمد، ومن أمة محمد، ثم ضحى به رواه مسلم، والله أعلم واحتج العبادي وغيره في التضحية عن الميت بحديث علي بن أبي طالب رضي الله عنه أنه كان يضحي بكبشين عن النبي  صلى الله عليه وسلم  وبكبشين عن نفسه، وقال إن رسول الله  صلى الله عليه وسلم  أمرني أن أضحي عنه أبدا فأنا أضحي عنه أبدا رواه أبو داود والترمذي والبيهقي قال البيهقي إن ثبت هذا كان فيه دلالة على صحة التضحية عن الميت، والله أعلم 
 Video Tentang hukum Berkorban Utk Orang tua Yang Meninggal


No comments:

Post a Comment

Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik dan pembahasan