Berkurbanlah |
Deskripsi masalah:
Problematika yang terjadi di tengah masyarakat berkaitan
dengan ibadah Mal seperti qurban agaknya perlu jawaban hukum Figh yang kemudian
di sosialisasikan ke masyarakat. Mari kita memperhatikan masalah Qurban, sebagaimana dalam masalah haji
sering kita jumpai masyarakat melaksanakan qurban untuk keluarga mereka yang sudah
meninggal dunia. Bahkan terkadang hal tersebut dilaksanakan tanpa adanya
sebuah pesan wasiat. Entah dengan dasar bagaimana, yang jelas mereka percaya
qurban yang dilakukan dapat menggantikan kewajiban maupun kesunatan yang belum
tertunaikan atau minimal membuahkan pahala bagi keluarga yang meninggal.
Pertanyaan:
Bagaimana
hukum syariat menyikapi pelaksanaan qurban yang ditujukan untuk mereka yang
sudah meninggal sebagaimana di atas.
Apabila didahului oleh wasiat maka boleh dan sah, namun
jika tanpa wasiat maka terjadi khilaf diantara para ulama:
- Menurut Hanafiyah dan Hambaliyah boleh
- Menurut Malikiyah boleh tapi makruh
- Menurut Syafi’iyyah, khilaf :
- Menurut Malikiyah boleh tapi makruh
- Menurut Syafi’iyyah, khilaf :
v Imam al-Baghawi,
al-Rofi’i, dan Shohib al-‘Uddah yang juga menjadi Qaul Ashoh hukumnya tidak sah
dan tidak boleh dilaksanakan (لايجوز)
v Menurut Abi
Qasim Al-‘Ubadi hukumnya sah menjadi qurbannya mayit dan bermanfaat bagi mayit.
v Sedangkan status
daging qurban seandainya tidak sah bagi mayit maupun al-Mudlohi adalah sebagai
daging shodaqoh / لحم قدمه على أهله
v Dan apabila
sebelumnya didahului nadzar baik muayyan maupun tidak belum terbahas
Referensinya
المجموع ج: 8 ص: 299
فرع لو ضحى عن غيره بغير إذنه لم يقع عنه وأما التضحية عن الميت فقد أطلق أبو الحسن العبادي جوازها، لأنها ضرب من الصدقة، والصدقة تصح عن الميت وتنفعه وتصل إليه بالإجماع وقال صاحب «العدة» والبغوي لا تصح التضحية عن الميت إلا أن يوصي بها، وبه قطع الرافعي في «المجرد» والله تعالى أعلم قال أصحابنا وإذا ضحى عن غيره بغير إذنه، فإن كانت الشاة معينة بالنذر وقعت عن المضحي وإلا فلا، كذا قاله صاحب «العدة» وآخرون، وأطلق الشيخ إبراهيم المروروذي أنها تقع المضحي، قال هو وصاحب «العدة» وآخرون ولو ذبح عن نفسه واشترط غيره في ثوابها جاز، قالوا وعليه يحمل الحديث المشهور عن عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم ذبح كبشاً وقال بسم الله اللهم تقبل من محمد وآل محمد، ومن أمة محمد، ثم ضحى به رواه مسلم، والله أعلم واحتج العبادي وغيره في التضحية عن الميت بحديث علي بن أبي طالب رضي الله عنه أنه كان يضحي بكبشين عن النبي صلى الله عليه وسلم وبكبشين عن نفسه، وقال إن رسول الله صلى الله عليه وسلم أمرني أن أضحي عنه أبدا فأنا أضحي عنه أبدا رواه أبو داود والترمذي والبيهقي قال البيهقي إن ثبت هذا كان فيه دلالة على صحة التضحية عن الميت، والله أعلم
فرع لو ضحى عن غيره بغير إذنه لم يقع عنه وأما التضحية عن الميت فقد أطلق أبو الحسن العبادي جوازها، لأنها ضرب من الصدقة، والصدقة تصح عن الميت وتنفعه وتصل إليه بالإجماع وقال صاحب «العدة» والبغوي لا تصح التضحية عن الميت إلا أن يوصي بها، وبه قطع الرافعي في «المجرد» والله تعالى أعلم قال أصحابنا وإذا ضحى عن غيره بغير إذنه، فإن كانت الشاة معينة بالنذر وقعت عن المضحي وإلا فلا، كذا قاله صاحب «العدة» وآخرون، وأطلق الشيخ إبراهيم المروروذي أنها تقع المضحي، قال هو وصاحب «العدة» وآخرون ولو ذبح عن نفسه واشترط غيره في ثوابها جاز، قالوا وعليه يحمل الحديث المشهور عن عائشة أن النبي صلى الله عليه وسلم ذبح كبشاً وقال بسم الله اللهم تقبل من محمد وآل محمد، ومن أمة محمد، ثم ضحى به رواه مسلم، والله أعلم واحتج العبادي وغيره في التضحية عن الميت بحديث علي بن أبي طالب رضي الله عنه أنه كان يضحي بكبشين عن النبي صلى الله عليه وسلم وبكبشين عن نفسه، وقال إن رسول الله صلى الله عليه وسلم أمرني أن أضحي عنه أبدا فأنا أضحي عنه أبدا رواه أبو داود والترمذي والبيهقي قال البيهقي إن ثبت هذا كان فيه دلالة على صحة التضحية عن الميت، والله أعلم
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik dan pembahasan