Deskripsi masalah:
Sudah kita maklumi bersama bahwa kerusuhan, pendarahan dan
pembunuhan adalah perbuatan yang tidak terpuji/mazmumah dan pelakunya sudah
barang tentu dikenakan tindakan yang sebanding dengan pekerjaannya yaitu
menerima hukuman qishash. qishash itu kurang lebih bermakna hukuman bagi
pelaku kejahatan yang prinsip dasar ditegakkannya berdasarkan kesetaraan bentuk
kejahatannya. Prinsipnya membunuh dibunuh, melukai dilukai, merusak dirusak dan
memotong dipotong. Orang yang melakukan pembunuhan nyawa orang lain, maka
hukumannya secara qishash dibunuh juga. Orang yang melukai orang lain, maka
hukumannya secara qishash dilukai juga. Tentu saja kedudukan, kadar, nilai dan
tingkat lukanya disamakan dengan apa yang telah dilakukannya.
Pertanyaan :
Apakah orang provokator yang menyuruh membunuh
orang dikenakan qishas sama seperti pelakunya?
Jawaban :
Ada Pentapshilan. Provokator terkena قصاص apabila ada unsur pemaksaan)
dan menentukan orang yang akan bunuh
Referensi :
حاشية إعانة الطالبين ج 4 ص 113
تنبيه يجب قصاص بسبب كمباشرة فيجب على مكره بغير حق بأن قال اقتل هذا وإلا لأقتلنك فقتله وعلى مكره أيضا( قوله بأن قال اقتل هذا ) أي إشارة لآدمي علمه كما علمت وخرج بقوله هذا المشار به لمعين ما لو قال له اقتل نفسك وإلا قتلتك فقتلها وما لو قال له اقتل زيدا أو عمرا فقتلهما أو أحدهما فلا قصاص على المكره بكسر الراء لأنه ليس بإكراه حقيقة لاتحاد المأمور به والمخوف به في الصورة الأولى فكأنه اختار قتل نفسه ولتفويض تعيين عين المقتول إلى المكره بفتح الراء في الثانية فصار له اختيار في القتل فالقود يكون عليه ( قوله وعلى مكره أيضا ) أي ويجب القصاص أيضا على مكره بفتح الراء لكن بشرط علمه بأن المقتول آدمي كما علمت
تنبيه يجب قصاص بسبب كمباشرة فيجب على مكره بغير حق بأن قال اقتل هذا وإلا لأقتلنك فقتله وعلى مكره أيضا( قوله بأن قال اقتل هذا ) أي إشارة لآدمي علمه كما علمت وخرج بقوله هذا المشار به لمعين ما لو قال له اقتل نفسك وإلا قتلتك فقتلها وما لو قال له اقتل زيدا أو عمرا فقتلهما أو أحدهما فلا قصاص على المكره بكسر الراء لأنه ليس بإكراه حقيقة لاتحاد المأمور به والمخوف به في الصورة الأولى فكأنه اختار قتل نفسه ولتفويض تعيين عين المقتول إلى المكره بفتح الراء في الثانية فصار له اختيار في القتل فالقود يكون عليه ( قوله وعلى مكره أيضا ) أي ويجب القصاص أيضا على مكره بفتح الراء لكن بشرط علمه بأن المقتول آدمي كما علمت
قال في التحفة وقيد البغوي وجوب القود
عليه بما إذا لم يظن أن الإكراه يبيح الإقدام وإلا لم يقتل جزما وأقره جمع لأن
القصاص يقسط بالشبهة ويتعين حمله بعد تسليمه على ما إذا أمكن خفاء ذلك عليه
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik dan pembahasan