Kucing termasuk hewan kesayangan Rasulullah Saw, dan para
sahabat, seperti Abdurrahman bin Sakhar atau dikenal dengan nama Abu Hurairah
(bapak kucing) Ra. Disebut nama Abu Hurairah karena sangking sayangnya beliau
terhadap kucing. Mamfaat memelihara kucing sangatlah banyak, diantaranya yaitu;
memiliki teman bermain, membantu berburu tikus, bahkan juga menjadi sumber
pendapatan. Namun apakah boleh dalam Islam menjual Kucing?
Jawaban
Manyoritas ulama mengatakan boleh menjual kucing, karena kucing merupakan salah satu hewan yg tergolong kepada suci, dan bermanfaat dan mwmenuhi syarat jual beli, maka boleh dijualkan, sama seperti keledai dan kuda poni. Dan adapun hadits yg menyatakan tidak membolehkan jual beli kucing, itu merupakan kucing yg liar yang tidak ada manfaatnya.
Manyoritas ulama mengatakan boleh menjual kucing, karena kucing merupakan salah satu hewan yg tergolong kepada suci, dan bermanfaat dan mwmenuhi syarat jual beli, maka boleh dijualkan, sama seperti keledai dan kuda poni. Dan adapun hadits yg menyatakan tidak membolehkan jual beli kucing, itu merupakan kucing yg liar yang tidak ada manfaatnya.
بيع الهرة الاهلية جائز بلا خلاف عندنا إلا ما حكاه البغوي في كتابه في شرح مختصر المزني عن ابن العاص أنه قال لا يجوز وهذا شاذ باطل مردود والمشهور جوازه وبه قال جماهير العلماء نقله القاضى عياض عن الجمهور وقال ابن المنذر أجمعت الامة على أن اتخاذه جائز ورخص في بيعه ابن عباس وابن سيرين والحكم وحماد ومالك والثوري والشافعي وأحمد واسحق وأبو حنيفة وسائر أصحاب الرأي قال وكرهت طائفة بيعه منهم أبو هريرة ومجاهد وطاووس وجابر بن زيد قال ابن المنذر إن ثبت عن النبي صلى الله عليه وسلم النهى عن بيعه فبيعه باطل وإلا فجائز هذا كلام ابن المنذر واحتج من منعه بحديث أبى الزبير قال سألت جابرا عن ثمن الكلب والسنور فقال زجر النبي صلى الله عليه وسلم عن ذلك) رواه مسلم
* واحتج أصحابنا بأنه طاهر منتفع به ووجد فيه جميع شروط البيع بالخيار فجاز بيعه كالحمار والبغل والجواب عن الحديث من وجهين
(أحدهما)
جواب أبى العباس بن العاص وأبي سليمان الخطابى والقفال وغيرهم أن المراد الهرة الوحشية فلا يصح بيعها لعدم الانتفاع بها الا على الوجه الضعيف القائل بجواز أكلها (والثاني) أن المراد نهى تنزيه والمراد النهى على العادة بتسامح الناس فيه ويتعاوزونه في العادة فهذان
الجوابان هما المعتمدان.
Ibarat di atas merupakan kitab Majmu'
Syarh Muhazzab
No comments:
Post a Comment
Silahkan berkomentar dengan bijak dan sesuai dengan topik dan pembahasan